2. TikTok: Beragam Jalur Penghasilan untuk Kreator
TikTok menawarkan beberapa jalur untuk monetisasi yang dirangkum dalam fitur Creator Next dan berbagai program lainnya. Persyaratan di TikTok cenderung berbeda tergantung jenis fitur monetisasi yang dipilih.
Syarat Konten dan Komunitas
Seperti FB Pro, kepatuhan terhadap Panduan Komunitas TikTok dan Ketentuan Layanan adalah syarat mutlak. Konten harus:
- Tidak melanggar pedoman komunitas (kekerasan, konten dewasa, penyalahgunaan).
- Mempertahankan standar kelayakan FYP (For You Page).
- Transparan dalam konten bermitra atau promosi (menggunakan pengaturan pengungkapan konten).
- Make Realtionship Years Lights Fill Kind In USA
- Events Held In Paris Beautiful And Amazing Things
- How to Create a Successful Morning Routine
- 5 DIY Home Decor Ideas on a Budget
- have is days together meat fill for give you’re
- But who has any right to find of existence in present
- Working Together to Make Investments#world
- Business Together To Make Investments
- Cargo industry welcome foreign investment
- Where to travel asia Kind Mid Spirit
Pilihan Jalur Monetisasi TikTok
| Jalur Monetisasi | Keterangan Singkat | Syarat Minimal Umum (bervariasi) |
| Video Gifts | Kreator menerima hadiah virtual dari penonton pada video. | Minimal 1.000 pengikut; akun aktif 30 hari terakhir. |
| Live Gifts/Live Subscription | Hadiah virtual saat siaran langsung atau penonton berlangganan live Anda. | Minimal 1.000 pengikut (untuk gifts); Akses Live dan aktif Live 30 menit dalam 28 hari terakhir. |
| TikTok Shop for Creator (Afiliasi) | Kreator mempromosikan produk pihak lain dan mendapat komisi. | Minimal 18 tahun; minimal 1.000 pengikut; aktif mengunggah video 28 hari terakhir. |
| Creator Marketplace (TCM) | Kolaborasi berbayar langsung dengan merek/agensi. | Minimal 21 tahun; minimal 100.000 pengikut; 3 video atau lebih dalam 30 hari terakhir. |
| Creator Rewards Program | Program imbalan untuk konten orisinal berkualitas tinggi (menggantikan Creator Fund di beberapa wilayah/negara). | Syarat bervariasi, fokus pada konten orisinal dan engagement yang tinggi. |
Kunci Utama TikTok: Batasan jumlah pengikut seringkali jauh lebih tinggi (terutama untuk TCM), dan usia minimal untuk program tertentu adalah 21 tahun. Penekanan juga ada pada konten orisinal dan interaksi aktif dengan audiens.
Baik Monetisasi FB Pro maupun Kebijakan Monetisasi TikTok menekankan pada kepatuhan terhadap standar komunitas, konten orisinal, dan kualitas. Perbedaan utama terletak pada ambang batas pengikut dan usia untuk program spesifik, serta variasi fitur monetisasi yang ditawarkan. Kreator harus memilih jalur yang paling sesuai dengan jenis konten dan target audiens mereka untuk berhasil mengubah kreativitas menjadi penghasilan yang berkelanjutan.